Thursday, March 30, 2006

Cerita dari Seputar distribusi linux (CentOS)

CentOS adalah salah satu distribusi linux yang sudah cukup terkenal. Ada salah satu cerita menarik mengenai distribusi ini. Konon seorang walikota di kota Tuttle, Oklahoma, menemukan sebuah website resmi kotanya berubah menjadi website Apache dari CentOS (http://mirror.centos.org/mirrorscripts/noindex_new.html). Balaikota Tuttle melakukan hosting ke sebuah web hosting di sebuah perusahaan, dan tidak mempunyai web server sendiri.

Biasanya kalau kita selesai melakukan instalasi sebuah webserver seperti Apache, telah di sertakan satu halaman web yang berfungsi disamping sebagai tanda kalau konfigurasi suatu webserver telah sukses dan bisa dilihat melalui web browser, juga akan menerangkan beberapa informasi mengenai webserver tersebut.

Tentu saja sang walikota terkejut karena website kota-nya berubah, karena dia tidak merasa menggunakan perangkat lunak atau apapun yang berhubungan dengan CentOS ini. apa yang ada di pikiran walikota ini ? Websitenya di hack dan penghilangan akses publik terhadap website Kota Tuttle. Mencak-mencaklah sang walikota, dan karena di website walikota yang "baru" tersebut ada link ke website CentOS, maka berkirim e-mail lah sang walikota dengan segala kemarahannya. Dia telah menuduh CentOS telah melakukan perbuatan ilegal dengan mengubah website kota-nya menjadi website CentOS. Walikota mengancam akan melaporkan ke FBI atas "perbuatan" dari CentOS tersebut.

Johnny Hughes, pimpinan developper dari CentOS telah berusaha menjelaskan ke sang Walikota tentang apa yang terjadi. Tapi sang walikota tetap mengaggap bahwa hal tersebut adalah perbuatan dari CentOS ;-). Hughes telah menganjurkan walikota untuk bertanya dan berkonsultasi dengan perusahaan web hosting dimana website kotanya di simpan. Setelah melakui perdebatan panjang, akhirnya walikota bertanya juga ke perusahaan hosting tersebut, dan kethuanlah penyebab dari berubahnya webiste kota Tuttle, yaitu Web server dari perusahaan hosting tersebut telah "crash" dan sedang dalam proses instalasi ulang. Sehingg wajarlah apabila yang keluar di web server kota Tuttle adalah halaman pembuka dari web server Apache - versi CentOS tersebut.

Malulah sang Walikota, apalagi cerita tersebut sudah menyebar ke penjuru dunia. ;-)

Sumber : CentOS Forum

0 Comments:

Post a Comment

<< Home